BAB I
PENDAHULUAN
1.
Latar
belakang
Pada tahun 2005 SMK Wachid
Hasjim Maduran didirikan di bawah naungan Yayazan Abd. Wachid Hasjim. Namun
berdirinya SMK Wachid Hasjim lantaran diadakanya program dari pemerintah untuk
mendirikan SMK Kecil di bawah naungan pondok pesantren (PONPES). Sehingga
Lembaga Pendidikan tersebut didirikan di bawah asuhan pondok pesantren Nurul
Al-Anwar dengan satu program study keahlian Teknik Komputer dan
Informatika (TIK), Kompetensi Keahlianya Multimedia (MM).
Berdirinya SMK Wachid Hasjim Maduran
dipelopori oleh beberapa Tokoh, diantaranya : Bapak H. Moh. Farhan (Alm)
sebagai ketua yayasan Abd. Wachid Hasjim, yang kedua Bapak Sufa’at, S.Pd.,
S.E., MM.Pd. sebagai pengelolah sekolah sekaligus menjabat sebagai Kepala SMK
Wachid Hasjim Maduran.
Pada tahun 2007, karena kesibukan
Bapak Sufa’at, S.Pd., S.E., MM.Pd. yang merangkap jabatan sebagai kepala SMK
Wachid Hasjim dan SMP Wachid Hasjim, maka jabatan sebagai kepala SMK Wachid
Hasjim dipercayakan kepada bapak M. Subhan, S.Pd.,M.Ei.
Seiring berjalanya roda pendidikan,
SMK Wachid Hasjim Maduran yang mulanya hanya ada satu rogram keahlihan, maka
pada tahun 2008 menjadi empat program kehalian, diantaranya :
Program Study Keahliah Teknik
Komputer dan Informatika : Kompetensi Keahlian Multi Media (MM). Program
Study Keahlian Tehnik Otomotif : Kompetensi Keahliah Tehnik Kendaraan Riangan
(TKR). Program Study Keahlian Tata Boga : Kompetensi Keahlian Jasa Boga.
Program Study Keahlian Tata Busana : Kompetensi Keahlian Buasana Butik.
Tahun 2010, karena kesibukan bapak
M. Subhan, S.Pd., M.Ei. sebagai kepala SMK Wachid Hasjim telah diangkat sebagai
Pegawai Negeri Sipil (PNS), maka kepala SMK Wachid Hasjim dipercayakan kembali
kepada bapak Sufa’at, S.Pd., S.E., MM.Pd. selama satu periode ke depan.
Karena terletak di tempat yang
strategis di jalan raya 32 Desa Parengan Kecamatan Maduran Kabupaten Lamongan
yang merupakan jalur transportasi utama menghubungkan kecamatan Laren, Maduran,
Sekaran dan Pucuk, sehingga mudah dijangkau dengan kendaraan, maka tahun 2011,
SMK wachid Hasjim membuka program baru yaitu Program Studi Keahlian Kesehatan :
Kompetensi Keahlian Keperawatan.
2. Rumusan
masalah
a.
Apa
yang dimaksud sarana dan prasarana sekolah?
b.
Apa
saja sarana dan prasarana di SMK Wachid Hasjim Maduran?
c.
Apa
saja kekurangan dan kelebihan sarana dan prasarana di SMK Wachid Hasjim
Maduran?
3. Tujuan
penulisan
Makalah
ini saya buat mempunyai 2 tujuan yaitu tujuan umum dan tujuan khusus.
· Tujuan
Umum : Untuk memenuhi tugas
mata kuliah Administrasi
dan Supervisi Pendidikan.
·
Tujuan Khusus :
Agar para pembaca mengetahui sarana dan
prasarana di SMK Wachid
Hasjim Maduran.
BAB II
PEMBAHASAN
1.
Pengertian
sarana dan prasarana sekolah
Manajemen sarana dan prasarana merupakan suatu
kegiatan untuk mengatur dan mengelola sarana dan prasarana pendidikan secara
efektif dan efisien dalam rangka pencapaian tujuan yang telah ditetapkan.
Mulyasa juga menambahkan bahwa tugas dari manajemen sarana dan prasarana yaitu
mengatur dan menjaga sarana dan prasarana pendidikan agar dapat memberikan
kontribusi secara optimal dan berarti dalam proses pendidikan.
· Tujuan
Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan
Pada dasarnya manajemen sarana dan prasarana
pendidikan memiliki tujuan sebagai berikut :
1) Menciptakan
sekolah atau madrasah yang bersih, rapi, indah, sehingga menyenangkan bagi
warga sekolah atau madrasah.
2) Tersedianya
sarana dan prasarana yang memadai baik secara kualitas maupun kuantitas dan
relevan dengan kepentingan dan kebutuhan pendidikan.
· Prinsip-Prisip
Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan
Menurut
Hunt Pierce prinsip dasar dalam manajemen sarana dan prasarana disekolah sebagai
beriku:
1) Lahan bangunan dan perlengkapan perabot
sekolah harus menggambaran cita dan citra masyarakat seperti halnya yang dinyatakan
dalam filsafat dan tujuan pendidikan.
2) Perencanaan lahan bangunan, dan
perlengkapan-perlengkapan prabot sekolah hendaknya merupakan pancaran keinginan
bersama dan dengan pertimbangan suatu tim ahli yang cukup cakap yang ada di
masyarakat.
3) Lahan bangunan dan perlengkapan-perlengkapan
prabot sekolah hendaknya disesuaikan memadai bagi kepentingan anak-anak didik,
demi terbentuknya karakter mereka dan dapat melayai serta menjamin mereka
diwaktu belajar, bekerja, dan bermain sesuai dengan bakat mereka.
4) Lahan bangunan dan perlengkapan-perlengkapan
prabot sekolah serta alat-alatnya hendaknya disesuaikan dengan kepentingan
pendidikan yang bersumber dari kepentingan serta keunaan atau manfaat bagi
anak-anak/murid-murid dan guru-guru.
5) Sebagai penanggung jawab harus membantu
program sekolah secara efektif melatih para petugas serta memilih alatnya dan
cara menggunakannya agar mereka dapat menyesuaikan diri serta mlaksanakan
tugas-tugasnya sesuai dengan fungsi dan profesinya.
6) Seorang penanggung jawab sekolah harus
mempunyai kecakapan untuk mengenal, baik kualitatif maupun kuantitatif serta
menggunaka dengan tepat fungsi bangunan dan perlengkapannya.
7) Sebagai penangung jawab harus mampu memelihara
dan mengunakan bangunan dan tanah sekitarnya sehingga ia dapat membantu
terwujudnya ksehatan, keamanan, kebahagiaan dan keindahan serta kemajuan dari
sekolah dan masyarakat.
8) Sebagai penanggung jawab sekolah bukan hanya
mengetahui kekayaan sekolah yang dipercayakan kepadanya, melainkan harus
memperhatikan seluruh alat-alat pendidikan yang dibutuhkan oleh anak didiknya.
2.
Sarana
dan prasarana SMK Wachid Hasjim Maduran
a) Data
Ruang Belajar (Kelas)
Kondisi
|
Jumlah dan ukuran
|
Jml. ruang lainnya
yang digunakan untuk R. Kelas
(e)
|
Jumlah ruang yg digunakan untuk R. Kelas
(f)=(d+e)
|
|||
Ukuran
7x9 m2 (a)
|
Ukuran
> 63m2
(b)
|
Ukuran
< 63 m2
(c)
|
JJumlah
(d)
=(a+b+c)
|
|||
Baik
|
9
|
-
|
-
|
9
|
Ruang, yaitu ;
- R. Perpust
|
9
|
Rusak ringan
|
-
|
-
|
-
|
-
|
||
Rusak sedang
|
-
|
-
|
-
|
-
|
||
Rusak Berat
|
-
|
-
|
-
|
-
|
||
Rusak Total
|
|
|
|
|
Keterangan kondisi:
Baik
|
Kerusakan < 15%
|
Rusak ringan
|
15% - < 30%
|
Rusak
sedang
|
30%
- < 45%
|
Rusak
berat
|
45%
- 65%
|
Rusak
total
|
>65%
|
b) Data Ruang Belajar Lainnya
Jenis Ruangan
|
Jumlah (buah)
|
Ukuran (pxl)
|
Kondisi*)
|
Jenis Ruangan
|
Jumlah (buah)
|
Ukuran (pxl)
|
Kondisi
|
Perpustakaan
|
1
|
-
|
B
|
Lab.
Bahasa
|
1
|
56
|
-
|
Multimedia
|
1
|
56
|
B
|
Lab.
Komputer
|
1
|
56
|
-
|
Kesenian
|
1
|
21
|
B
|
Bengkel
|
1
|
112
|
B
|
c)
Data
Ruang Kantor
Jenis Ruangan
|
Jumlah (buah)
|
Ukuran (pxl)
|
Kondisi*)
|
Kepala
Sekolah
|
1
|
25
|
B
|
Guru
|
1
|
56
|
B
|
Tata
Usaha
|
1
|
25
|
B
|
Tamu
|
1
|
35
|
B
|
Osis
|
1
|
25
|
B
|
d) Data Ruang Penunjang
Jenis Ruangan
|
Jumlah (buah)
|
Ukuran (pxl)
|
Kondisi*)
|
Jenis Ruangan
|
Jumlah (buah)
|
Ukuran (pxl)
|
Kondisi
|
KM/WC
Guru
|
1
|
12
|
B
|
Ibadah
|
1
|
42
|
B
|
KM/WC
Siswa
|
2
|
12
|
B
|
Pos
Jaga
|
1
|
5
|
B
|
BK
|
1
|
10
|
B
|
OSIS
|
1
|
25
|
B
|
UKS
|
1
|
35
|
B
|
e)
Lapangan
Olahraga dan Upacara
Lapangan
|
Jumlah (buah)
|
Ukuran (pxl)
|
Kondisi
|
Keterangan
|
1. Lapangan Olahraga
a. Voly Ball
|
1
|
126
|
Rusak
|
|
2. Lapangan Upacara
|
1
|
126
|
Rusak
|
|
f) Perabot
(furniture) utama
1. Perabot
ruang kelas (belajar)
No.
|
Jumlah ruang kelas
|
Perabot
|
|||||||||||
Jumlah dan kondisi meja siswa
|
Jumlah dan kondisi kursi siswa
|
Almari + rak buku/alat
|
Papan tulis
|
||||||||||
Jumlah
|
Baik
|
Rusak.
|
Jumlah
|
Baik
|
Rusak
|
Jumlah
|
Baik
|
Rusak
|
Jumlah
|
Baik
|
Rusak.
|
||
1.
|
6
|
124
|
119
|
5
|
225
|
225
|
-
|
4
|
4
|
-
|
6
|
6
|
-
|
2.
Perabot ruang belajar lainnya
No.
|
Ruang
|
Perabot
|
||||||||
Meja
|
Kursi
|
Almari + rak buku/alat
|
||||||||
Jumlah
|
Baik
|
Rusak
|
Jumlah
|
Baik
|
Rusak
|
Jumlah
|
Baik
|
Rusak
|
||
1.
|
Lab. Komputer
|
21
|
19
|
2
|
40
|
30
|
10
|
21
|
18
|
3
|
2.
|
Bengkel
|
6
|
2
|
4
|
2
|
2
|
-
|
15
|
10
|
5
|
3. Perabot Ruang Kantor
No.
|
Ruang
|
Perabot
|
|||||||||||
Meja
|
Kursi
|
Almari
+ rak buku/alat
|
Lainnya
|
||||||||||
Jumlah
|
Baik
|
Rusak
|
Jumlah
|
Baik
|
Rusak
|
Jumlah
|
Baik
|
Rusak
|
Jumlah
|
Baik
|
Rusak
|
||
1.
|
Kepala
Sekolah
|
1
|
1
|
-
|
6
|
6
|
-
|
2
|
2
|
-
|
1
|
1
|
-
|
2.
|
Guru
|
25
|
25
|
-
|
25
|
25
|
-
|
1
|
1
|
-
|
2
|
2
|
-
|
3.
|
Tata
Usaha
|
3
|
3
|
-
|
4
|
4
|
-
|
4
|
4
|
-
|
1
|
1
|
-
|
4.
|
Tamu
|
1
|
1
|
-
|
4
|
4
|
-
|
2
|
2
|
-
|
1
|
1
|
-
|
5.
|
Lainnya:
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan lainnya terdiri atas: kipas angin, AC, komputer, printer,
dll.
4. Perabot Ruang Penunjang
No.
|
Ruang
|
Perabot
|
|||||||||||
Meja
|
Kursi
|
Almari
+ rak buku/alat
|
Lainnya
|
||||||||||
Jumlah
|
Baik
|
Rusak
|
Jumlah
|
Baik
|
Rusak
|
Jumlah
|
Baik
|
Rusak
|
Jumlah
|
Baik
|
Rusak
|
||
1.
|
BK
|
2
|
2
|
-
|
4
|
2
|
2
|
1
|
1
|
-
|
2
|
-
|
-
|
2.
|
OSIS
|
3
|
3
|
-
|
5
|
5
|
-
|
2
|
2
|
-
|
-
|
-
|
-
|
3.
|
Pos
jaga
|
1
|
1
|
-
|
2
|
2
|
-
|
-
|
-
|
-
|
1
|
-
|
-
|
4.
|
Produksi
|
6
|
3
|
3
|
12
|
6
|
4
|
4
|
2
|
2
|
1
|
-
|
-
|
Keterangan lainnya terdiri atas: kipas angin, AC, komputer, printer,
dll.
5. Alat/Bahan
di Laboratorium/Ruang Keterampilan/Ruang Multimedia
No.
|
Alat/bahan
|
Jumlah, kualitas, dan
kondisi alat/bahan*)
|
|||||||||
Jumlah
|
Kualitas
|
Kondisi
|
|||||||||
Kurang dari 25%
dr keb.
|
25%-50%
dr keb.
|
50%-75%
dr keb.
|
75%-100%
dr keb.
|
Kurang
|
Cukup
|
Baik
|
Sangat baik
|
Rusak
|
Baik
|
||
1.
|
Lab. Komputer
|
|
|
10
|
|
|
5
|
5
|
|
|
|
2.
|
Bengkel
|
|
|
60
|
|
|
50
|
10
|
|
|
|
3.
|
Produksi
|
|
|
5
|
|
|
|
5
|
|
|
|
3.
Kekurangan
dan Kelebihan Sarana dan Prasarana di SMK Wachid Hasjim Maduran
Di SMK
Wachid Hasjim terdapat beberapa kekurangan dan kelebihan dalam sarana dan
prasarana karena memang pada dasarnya sekolah ini baru didirikan pada tahun
2005. Diantara kekurangannya adalah sebagai berikut:
a.
Tanah yang dimiliki tidak begitu luas
b.
WC siswa jadi satu tanpa dibedakan untuk
laki-laki dan perempuan
c.
WC guru jadi satu tanpa dibedakan untuk
laki-laki dan perempuan
d.
Hanya memiliki 1 lapangan saja yang digunakan
untuk upacara, parkir dan untuk olahraga yang kondisinya telah rusak
e.
Parkir yang panas tanpa ada atap
f.
Keindahan taman atau pohon tidak ada
g.
Bagian teras belum dikeramik
h.
Masih banyak bahan bangunan dimana-mana
i.
Tukang bangunan sering berlalu lalang dan
membuat kegiatan belajar mengajar tidak tenang
j.
Tangganya tidak aman karena tidak ada kayu atau
bahan lainnya untuk berpegangan ketika naik atau turun
k.
Kebersihan yang kurang terjaga
Kelebihan
diantaranya:
a.
Sudah memiliki gedung berlantai 3 meskipun baru
8 tahun berdiri
b.
Tidak banyak perabot yang rusak
c.
Fasilitas lab yang lumayan lengkap
d.
Terdapat tempat ibadah
e.
Terdapat asrama pondok pesantren Nurul Anwar
BAB III
PENUTUP
1.
Kesimpulan
Pengadaan
perlengkapan pendidikan pada dasarnya merupakan upaya merealisasikan rencana
pengadaan perlengkapan yang telah disusun sebelumnya . seringkali sekolah
mendapatkan bantuan sarana dan prasarana
pendidikan dari pemerintah. Namun bantuan tersebut dalam jumlah terbatas dan
tidak selalu ada, sehingga sekolah dituntut untuk selalu berusaha juga
melakukan pengadaan perlengkapan dengan cara yang lain.
2.
Saran
Dengan
perlengkapan dalam kondisi siap pakai itu semua personel sekolah dapat dengan
lancar menjalankan tugasnya masing-masing . dalam rangka itu, tentunya semua
perlengkapan di sekolah bukan saja ditata sedemikian rupa dan juga dipelihara
dengan sebaik-baiknya. Dengan pemeliharaan secara teratur semua perlengkapan
pendidikan di sekolah selalu enak dipandang, mudah digunakan dan tidak cepat
rusak.
DAFTAR
PUSTAKA
Bafadal,
Ibrahim. 2004. Manajemen Perlengkapan
Sekolah Teori dan Aplikasinya. Jakarta: PT. Bumi Aksara
KTSP
Buku 1 SMK Wachid Hasjim Maduran
Tidak ada komentar:
Posting Komentar