Rabu, 21 Maret 2012

Kenapa "NGULET" saat bangun tidur??????


Masih iget lagu jaman anak-anak? Yup, “Bangun tidur ku terus mandi. . ., tidak lupa menggosok gigi. . .” dan seterusnya. Sementara, yang banyak dilakukan orang sesaat bangun adalah “ngulet”. Suatuaktifitas menggerakkan anggota tubuh yang memberikan reaksi peregangan secara langsung. Menggerakkan tangan atau kaki, ataujuga secara bersamaan, ternyata sangat baik buat otot. Gerakan tersebut bisa memberikan rasa relaks n nyaman.
Menurut situs kesehatan, ngulet memberikan manfaat. Diantaranya membuat otot lebih fleksibel n gag kaku saat melakukan kegiatan sepanjang hari. Aktifitas tidur yang cukup panjang mengakibatkan otot-otot terasa kaku  n tegang. Dengan ngulet, secara gag sadar, mengembalikan fleksibilitas otot dibagian tangan, kaki bahkanleher, sehingga tubuh lebih siap bangun dan kembali beraktifitas.
Manfaat lainnya, pastinya membuat sendi kembali fleksibel. Buat orang dengan aktifitas fisik sedikit, apalagi berat badannya over, peregangan ringan seperti ngulet ini bagus untuk meningkatkan rentang gerak dari sendi. Kurangnya fleksibilitas sendi, mengakibatkan rentan mengalami cedera. Misalnya kurangnya keseimbangan otot-otot pada tubuh.
Ngulet juga bisa meningkatkan sirkulasi darah. Yup, peregangan yang dilakukan dipagi hari, secara otomatis meningkatkan sirkulasi dara. Darah akan bergerak lebih cepat n beredar ke otot-otot, sehingga menguatkan seseorang untukbangun dari tidur n melangkah dengan segar.
Percaya ato gag, pada akhirnya ngulet bisa mengurangi stres. Banyak orang susah bangun tidur di pagi har, karena takut menghadapi tekanan yang berat. Tapi dengan melakukan peregangan singkat n ringan seperti ngulet, ketegangan pun jadi berkurang. Jadi lebih siap. So, biarpun gaya ngulet kita gag bagus, cuek aja, yang pasti hasilnya buat otot bagus!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar