Rabu, 21 Maret 2012

Kenali jenis kulit dan rawat dengan benar


Sudah kewajiban kaum cewek untuk merawat n memperhatikan kesehatan kulitnya. Tapi cara ngerawatnya asal-asalan justru akan memperparah kondisi kesehatannya. Karena gag setiap kulit sama penanganannya. Nah, biar gag salah lagi, yuk, kenali kulit kita agar tepat pula perawatannya. . .

1.   KULIT NORMAL
Pemilik kulit jenis ini boleh berbangga hati karena hampir jauh dari problem kulit. Tanpa riasan sekalipun, kulit ini sudah terlihat indah.
Kulit normal adalah kulit yang tidak kering, berminyak maupun sensitif.
-          Ciri-ciri      : Kulit terlihat lembab n halus, kadar minyak sedikit/sedang, pori-porinya halus, tekstur kenyal, frekuensi n kadar jerawat hanya sedikit.
-          Perawatan : Cukup gunakan busa pembersih wajah n pelembab.
-          Tips           : Pilih pelembab yang tida terlalu berat.

2.   KULIT BERMINYAK
Biasanya jenis kulit berminyak memiliki pori-pori yang besar n kelihatan mengkilap meskipun cuaca sedang n tidak panas. Tapi jangan sedih gals. Kabar baiknya saat tua nanti tetep akan terjaga kelembabannya n bebas keriput.
-          Ciri-ciri      : Kulit terlihat mengkilap di seluruh bagian wajah, jika ditekan dengan kertas minyak, minyak akan meresap pada kertas.
-          Perawatan : Gunakan pembersih wajah berbentuk gel untuk mengangkat sisa minyak n kotoran, lalu tuntaskan dengan toner. Hindari yang mengandung alkohol coz justru akan membuat wajah semakin mudah berminyak.
-          Tips                       : Sebaiknya gunakan pelembab atau foundation yang berbentuk lotion daripada krim,coz lebih ringan di kulit.

3.   KULIT KERING
Pemilik wajah yang satu ini, butuh pelembab ekstra agar kulit tidak bersisik n kering di siang hari. Kulit kering biasanya terlihat tidak mulus dan merah di berbagai tempat. Dan biasanya, pemilik kulit kering jarang jerawat karena minyak yang di produksi sangat sedikit.
-          Ciri-ciri      : Wajah terasa kesat n seperti di tarik, mudah timbul kerut.
-          Perawatan : Gunakan susu pembersih yang lembut, kemudian bersihkan dengan busa pembersih wajah untuk kulit kering.
-          Tips           : Gunakan sunscreen ber-SPF tinggi, n jangan pernah pake bedak tanpa mengoleskan pelembab terlebih dahulu.

4.   KULIT KOMBINASI
Banyak yang tertipu dengan jenis kulit yang stu ini. Kulit kombinasi biasanya terasa kering di bagian pipi n berminyak di zona T (hidung, kening n dagu). Untuk perawatannya, juga harus lebih ekstra telaten nih gals. Soalnya ada area yang berbeda cara perlakuannya.
-          Ciri-ciri      : Kulit terlihat mengkilap di daerah T (hidung n kening), namun kering di daerah laon (pipi n dagu), mudah timbul komedo di hidung n jerawat di kening.
-          Perawatan :Fokuskan penggunaan susu pembersih pada daerah T, lalu bersihkan dengan busa pembersih wajah.
-          Tips                       : Pakai pelembab di bagian pipi n oleskan sedikit saja di zona T kita. Pilihlah sabun dengan PH balance coz sesuai dengan tingkat keasaman alamiah kulit.
-           
5.   KULIT SENSITIF
Sesuai namanya, kulit sensitif adalah kulit yang bereaksi cepat terhadap sabun tertentu. Begitu juga dengan penggunaan riasan wajah n perubahan suhu.
-          Ciri-ciri      :Mudah memerah n iritasi.
-          Perawatan : Lebih teliti dalam memilih produk, hanya gunakan produk-produk yang sudah teruji secara klinis (biasanya tertulis dermatologically tested)
-          Tips                       : Jangan pernah men-srub wajah dengan benda kasar. Selain itu, pilihlah menggunakan produk kecantikan, lakukanlah uji alergi terlebih dahulu untuk mengetahui apakah kita alergi atau tidak dengan produk tersebut.

Nah, kalo kita sudah lebih memahami kondisi kulit kita, jangan sampai salah lagi saat merawatnya, yah. Mulai sekarang sedikit lebih peka n perhatian ekstra sama kulit kita deh. Tak kenal maka tak sayang kan??

Tidak ada komentar:

Posting Komentar